Tips

Bangun Personal Branding di Instagram Dengan Cara Ini

Tak hanya dijadikan sebagai media sosial tempat upload foto-foto keren saja, saat ini Instagram sudah biasa digunakan sebagai media untuk personal branding. Tak hanya untuk sekedar tempat menunjukkan eksistensi saja tetapi juga tempat mengeksplor diri serta image yang diinginkan.

Selebgram adalah salah satu contoh apik pemanfaatan Instagram. Tak hanya feed-nya saja yang memiliki nilai estetik, ada baiknya agar Instagram Anda mampu memberi nilai tambah dan pengaruh positif tersendiri kepada para folowers.

 Cara Membangun Personal Branding di Instagram

Untuk membangun personal branding melalui media sosial Instagram ini bisa dilihat di bawah ini.

  • Tentukan Personal Branding Yang Tepat

Bagaimanakah personal branding yang hendak Anda bawakan dan kesan yang seperti apa yang diharapkan atas konten yang Anda tampilkan adalah pertimbangan dalam membangun personal branding di akun pribadi. Pilihlah personal branding yang sesuai dengan Anda dan sasaran Anda.

  • Tentukan Target Anda

Tentukanlah siapa yang hendak Anda jadikan target yang Anda tuju. Dengan menentukan target maka akan lebih mudah untuk menentukan konten apa yang akan Anda bawakan. Selain itu Anda juga bisa memikirkan pemilihan penggunaan bahasa dan kata.

  • Tetapkan Tujuan Personal Branding

Sebelum ribet dengan membangun personal branding, ada baiknya Anda menentukan apa tujuan dari usaha tersebut. Jangan hanya mengharapkan sesuatu yang biasa, tetapi tetapkanlah tujuan yang tinggi agar usaha Anda bisa lebih maksimal.

  • Jangan Ragu Menggunakan Banyak Hastag

Penggunaan tagar akan berpengaruh pada hubungan konte unggahan Anda dengan konten lainnya yang juga menggunakan tagar serupa. Tanpa sadar akan semakin banyak pihak yang melihat konten milik Anda.

  • Konsisten

Jadilah konsisten agar bisa membangun personal branding yang selalu lekat dihati. Rawat juga Instagram Anda agar tetap tumbuh dan berjalan baik, misalnya dengan membuat jadwal posting.

  • Bekerja sama Dengan Teman

Daripada saling bersaing dengan teman sendiri dan akhirnya menimbulkan perpecahan, ada baiknya untuk Anda saling bekerja sama dengan teman sendiri. Misalnya saling membantu mempromosikan atau Anda bisa menjadi model dari produk yang dikelola oleh teman Anda tersebut. Tak hanya membantu usahanya, dengan menjadi model produk teman Anda tersebut juga akan membuat wajah Anda menjadi semakin dikenal.

  • Unik tapi Authentic

Yang terakhir adalah Anda tidak boleh lupa untuk tetap memiliki jati diri. Jangan biarkan personal branding Anda berbeda total dengan keadaan dan kepribadian Anda sebenarnya. Setiap orang akan menilai segala sesuatu dari berbagai sisi dan postingan berkualitas akan muncul berkat kejujuran Anda yang terpancar pada setiap unggahan.

Tips Personal Branding Untuk Bisnis di Instagram

Setelah mengetahui cara membangun personal bisnis maka selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana tips yang tepat untuk personal branding bisnis Anda tersebut. Nah berikut ini penjelasannya.

  • Maksimalkan Visual Aestethic

Aturlah feed Anda menjadi lebih cantik dan rapi sehingga kesan aestethicnya semakin terpancar dan menarik perhatian banyak orang.

  • Posting Rutin Setiap Hari

Postinglah setidaknya 1 post setiap hari. Selain akan membuat followers Anda akan merasakan kehadiran Anda, memposting setiap hari juga bisa menjadi inspirasi agar postingan Anda tidak hanya sekedar “nyampah” di timeline orang lain.

  • Tingkatkan Jumlah Folower dan Jalin Interaksi

Agar followers terus bertambah, Anda bisa menjalin interaksi yang baik dengan followers yang sudah ada. Misalnya dengan memberi like pada setiap postingan mereka tanpa memfollownya sehingga mereka akan terpancing dan membuka profil Anda dan selanjutnya bisa saja mereka memfollow Anda.

Menjalin interaksi yang baik juga bisa Anda lakukan dengan saling berkomentar positif atau Anda juga bisa meminta masukan atau saran untuk campaign selanjutnya. Nah demikianlah cara membangun dan tips dalam personal branding di media sosial berupa Instagram. Mudah dan menyenangkan bukan?