Tips

Tips Aman Bermain Facebook, Cegah Pencurian Data

 

Beberapa waktu yang lalu sempat beredar bahwa data para pengguna Facebook telah bocor atau dicuri oleh pihak Cambridge Analytica. Masalah tersebut sempat menjadi perhatian bagi Kominfo dan kepolisian serta membuat resah para pengguna Facebook yang khawatir  datanya akan disalahgunakan. Untuk menghindari hal tersebut ada berbagai upaya yang dapat dilakukan seperti bermain Facebook dengan aman dan menghindari mengklik sesuatu berupa tautan yang tidak jelas.

Tips Aman Cegah Pencurian Data

Dengan adanya kasus pencurian data, tentu akan menimbulkan kekhawatiran dan rasa waswas para pengguna Facebook, maka dari itu Anda dapat melakukan beberapa tips aman seperti berikut ini:

  • Cek Keamanan Akun Secara Rutin

Facebook sudah dilengkapi dengan pengaturan keamanan akun sehingga dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Lakukanlah pengecekan keamanan akun secara rutin lalu pastikan sudah sesuai dengan saran dari pihak Facebook.

Sebaiknya log out akun Anda jika lama tidak digunakan. Perhatikan juga penggunaan kata sandi, buatlah kata sandi yang kuat tetapi mudah Anda ingat. Jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk setiap akun dan jangan membagikan kata sandi tersebut karena akan berisiko membahayakan akun Anda.

  • Aktifkan Fitur Layanan Keamanan Ekstra Facebook

Saat Anda mengaktifkan penggunaan fitur otentifikasi 2 faktor, maka secara otomatis Facebook akan mengirimkan peringatan melalui email ketika ada orang yang mencoba membuka akun Anda dari perangkat yang tidak dikenal.

Facebook juga mengirimkan kode khusus untuk merampungkan proses log in. Untuk memverifikasi akun Anda dapat melakukan 2 cara, yaitu melalui pesan teks dan aplikasi autentifikasi.

  • Cek Aplikasi Apa Saja Yang Terhubung Dengan Facebook

Biasanya ada beberapa aplikasi yang bisa didaftarkan menggunakan akun Facebook sehingga kedua aplikasi tersebut akan saling terhubung.

Jika Anda sering menghubungkan akun Facebook dengan aplikasi lain maka Anda harus rutin memeriksanya untuk memastikan agar akun Facebook Anda hanya terhubung ke aplikasi yang aman dan terpercaya. Sebelum menghubungkan Facebook dengan aplikasi lainnya Anda juga harus memeriksa ketentuan dan izin apa yang diberikan.

  • Ketahui riwayat Aktivitas Facebook

Ada layanan untuk mengetahui log aktivitas yang telah Anda lakukan saat mengakses Facebook seperti melakukan posting, mengetahui konten apa saja yang disukai atau dikomentari hingga mengetahui permintaan pertemanan yang Anda terima.

Log aktivitas yang ditampilkan akan urut sesuai dengan waktu terjadinya, susunannya dari yang terbaru hingga terlama. Dengan mengetahui log aktivitas, Anda bisa mendeteksi kegiatan yang tampak mencurigakan dengan cepat. Fitur ini bisa Anda temui di bagian pojok kanan persis di bawah foto profil.

Tips Aman Bermain Facebook

Jika di atas sudah dijelaskan tips menghindari pencurian data Facebook, berikut ini akan dijelaskan mengenai tips untuk menghindari hal buruk lainnya saat Anda bermain Facebook.

  • Pengaturan Privasi

Menjadi populer di sosial media seperti Facebook memang tidak salah. Semakin banyak orang yang mengenal Anda biasanya akan membuat Anda semakin populer. Cukup biarkan orang lain tahu mengenai data umum seperti nama saja. Jangan biarkan sembarang orang bisa mengakses informasi mengenai data pribadi Anda dan juga seleksilah saat hendak mengkonfirmasi pertemanan yang Anda terima.

  • Jangan Posting Data Informasi Terlalu Lengkap

Untuk membuat sebuah akun Facebook memang diperlukan beberapa data pribadi. Facebook memang memiliki kebijakan supaya semua orang menggunakan nama asli, namun jangan sampai Anda menampilkan data diri atau alamat lain yang terlalu lengkap. Hal ini untuk menghindari hacker menyalahgunakan informasi tersebut.

  • Gunakan Password Yang Kuat

Password yang baik adalah password yang kuat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain. Biasanya merupakan kombinasi antara huruf, angka dan simbol. Semakin kuat dan untuk password Anda maka akan semakin sulit untuk orang lain masuk ke akun Anda.

Yang perlu diingat adalah agar Anda selalu melogout akun Anda setiap setelah menggunakannya, terutama saat mengakses melalui komputer umum.

  • Think Before Posting

Sebelum memposting sesuatu, ada baiknya Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu. Misalnya bagaimana dampak yang timbul akibat postingan tersebut dan bagaimana respons netizen.  Hal yang tidak diperbolehkan diposting di Facebook adalah hal-hal yang nantinya bisa membuat malu orang lain, mengumbar semua masalah pribadi dan lainnya.

Meskipun nantinya Anda bisa menghapus postingan tersebut, namun mungkin saja ada orang yang sudah terlanjur mengambil screenshoot nya.

Demikianlah beberapa tips aman untuk Anda yang senang bermain sosial media berupa Facebook. Pastikan keamanan Anda senantiasa terjaga dan selamat mencoba.